Cara Memasang Piston Pada Motor Tiger Yang Benar

Cara Memasang Piston Pada Motor Tiger Yang BenarKita selaku pemilik kendaraan sepeda motor, perlu memahami betul akan tata cara dalam pemasangan piston agar tidak perlu jauh-jauh pergi kebengkel. Admin akan mengulasnya, khusus buat varian Tiger lawas. Keadaannya memang memiliki jarak titik tengah lubang pin, yang arahnya menuju ke sisi luaran piston atau disebut offsite. Jelas sangat berbeda dengan piston pada motor keluaran terkini. Pada jenis piston lawas, terdapat berupa lubang pin yang rada condong ke arah lubang exhaust (lubang buang).

Maksudnya adalah, supaya nantinya pin piston beserta dengan pin kruk as berada di posisi yang berlawanan alias tidak sejajar searah. Sehingga akan membuat proses hasil pembakaran hanya diruang bakar, dan juga piston dan kruk as dapat berputar secara maksimal tanpa adanya hambatan. Ketika salah waktu memasangkan piston atau malahan justru pistonnya terbalik, maka efek yang akan muncul membuat power mesin semakin menurun. Walaupun tuas gasnya sudah ditarik secara maksimal, keberadaan suara mesin pun mengeluarkan suara aneh ketika dinyalakan.

Agar bisa mempermudah anda, ketika mau memasang piston, sudah terdapat keterangan jelas dari pabrikan (honda) melalui tanda pada permukaan piston tersebut. Tandanya berupa tanda panah atau bertuliskan IN. Piston bertanda tulisan IN, maka usahakan agar keterangan tulisan IN tersebut mengarah ke lubang masuk atau intake. Dan kebalikannya, apabila permukaan piston tandanya panah, maka si arah tandanya tersebut ke lubang buang atau kami sebut exhaust.

Namun ada juga tanda lain, yakni coakan yang telah hilang akibat lama terkikis oleh gesekan dengan bor tunner saat motor biasa digeber. Terutama buat motor yang khususnya disetelnya sebagai tunggangan balapan. Tidak sedikit memang, para mekanik yang sudah pandai bisa memainkan tinggi rendahnya suatu posisi dari kubah piston. Hal tersebut memiliki tujuan sebagai penyeimbang dengan kompresi yang akan dihasilkan dan tidak terlalu tertahan di klep.

Tetapi kalau anda masih rada keder, tentang cara memasangkan piston pada honda tiger. Sebenarnya sih tinggal melihat saja tanda atau coakan, yang ada dibagian permukaannya. Caranya mudah, sebab tanda atau coakan bertulisan IN serta tanda panahnya memiliki ukuran/dimensi yang pasti berbeda satu sama lainnya. Siklusnya  supaya piston bisa makin sesuai terhadap ukuran dari payung klep yang ada.

Baca juga : Cara Mengganti Rantai Keteng Honda Beat Yang Benar

Itulah pembahasan singkat yang bisa admin sampaikan, berkaitan dengan Cara Memasang Piston Pada Motor Honda Tiger. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • upgrade fizr
Cara Memasang Piston Pada Motor Tiger Yang Benar | jaen soleh | 4.5