Cara Mengetahui Kampas Rem Yang Sudah Menipis

Cara Mudah Mendeteksi Kampas Rem Yang Sudah MenipisSetiap kendaraan roda dua seperti motor, tentunya akan diberikan sebuah rem sebagai pengendali keamanan laju motor. Supaya keadaannya nyaman, tekendali serta bisa dikontrol oleh si pengendara. Karena kebutuhan akan kendaraan sudah menjadikan alat sebagai mibilitas sehari-hari, untuk efektifitas kegiatan anda. Namun yang khawatir adalah apabila kampas rem sudah mulai habis, otomatis motor sulit untuk dikendalikan ketika sedang melaju kencang di jalanan umum. Oleh karena itulah, anda selaku pemilik motor perlu mengetahui dengan jelas tentang kondisi kampas.

Sekiranya kampas sudah menipis, baiknya segera diganti. Akan tetapi kalau anda masih belum terlalu memahami, akan seperti apa cara mengetahui dan melihat kondisi kampas. Saya selaku admin, akan berikan bagaimana melakukannya. Berikut adalah penjelasannya, agar anda paham betul pengecekannya. Selain dari pada hal itu, komponen pengereman juga perlu sebuah perawatan yang berarti tidak hanya asal-asalan. Entah itu sistem pengeram cakram (disk brake) maupun dengan rem tromol biasa (drum brake).

Ternyata dalam mengetahui kondisi kampas rem menipis gampang, coba anda ketahui melajukan motor tersebut, lalu rasakan saat pengereman namum berjalan perlahan saja. Jika saat sedang menginjak pedal rem tidak ada pengaruhnya, dalam artian motor tidak mau berhenti sudah pasti kampasnya telah menipis sekali. Solusinya perlu anda ganti dengan yang baru, Apalagi kalau ketika menginjak rem terdengar bentuk suara-suara decitan atau gesekan antara dua komponen. Itu sudah dipastikan kampas remnya telah habis semuanya. Bisa juga melalui pembongkaran langsung. Atau dengan pergi ke bengkel-bengkel terpercaya langganan anda, agar memperbaikinya.

Trik lain “Untuk memastikan kondisi dari kampas rem tipis, dapat melakukan proses pengamatan secara visual. Caranya yakni dengan mendeteksi lewat keberadaan kondisi pelek, apakah posisinya kotor atau bersih. Terkadang jika pelek depan terdapat kotoran kecil-kecil seperti serbuk halus hitam, tandanya hasil serbuk dari kampas rem yang berjatuhan di are pelek mobil,” menurut penuturan Arifani Perbowo, seorang Logistic and Production General Manager dari PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Baca juga : Cara Memperbaiki RemTromol Motor Yang Kurang Pakem

Berbeda untuk sistem tromol kadang sulit dilihat, hanya bisa dirasakan dan melihatnya harus dibongkar secara langsung. Jika kejadiannya memang kampas remnya sudah habis menipis. Itulah ulasn yang bisa admin sampaikan berkaitan tentang Cara Mudah Mendeteksi Kampas Rem Yang Sudah Menipis, sekiranya ada beberapa kata sulit dimengerti mohon untuk dimaklum. Sekian dari kami, wassalam..

Cara Mengetahui Kampas Rem Yang Sudah Menipis | jaen soleh | 4.5