Cara Menghemat Bensin Dengan Teknik Berkendara Yang Benar

Cara Menghemat Bensin Dengan Teknik Berkendara Yang BenarKarena BBM merupakan bahan bakar bagai kendaran baik motor atau mobil. Tetapi porsi pemakaiannya akan mudah sekali habis, jika si pengemudi kurang teratur mengendarai kendaraannya. Oleh karena itu diperlukan sebuah perawatan kendaraan secara berkala dan rutin, agar performa mesin dan pembakaran bahan bakarnya masih tetap dalam keadaan stabil sehingga membuat konsumsi bahan bakar pun menjadi semakin hemat. Namun jika kendaraan sudah terawat secara baik, akan tetapi cara mengendari masih saja ugal-ugalan sudah dipastikan konsumsi bahan bakar pasti boros. Berikut kami berikan penjabaran informasi mengenai teknik berkendara baik itu mobil maupun sepeda motor yang baik, sebagai penghemat BBM.

Advertisement

Tips awal yaitu biasakan diri anda, untuk tidak menginjak pedal gas atau menariknya seenaknya. Seharusnya injak saja dengan tarikan gas secara lembut dan perlahan, ayaunkan kestabilannya atau dengan diikuti kenaikan RPM perlahan. Usahakan dalam posisi sedang berakselerasi, saat posisi diam ke peralihan kecepatan berjalan menggunakan posisi gear yang tepat dan teratur. Untuk kendaraan seperti mobil, gantilah posisi gearnya pada porsi putaran mesin 2.000 sampai ke 2.500 RPM. Sedangkan untuk roda dua alias motor, dapat shift up-nya dikisaran mesin 6.000 hingga menyentuh angka 7.000 RPM.

Cara kedua, yakni mengatur kecepatan kendaraan secara stabil pada medan jalanan yang dilalui. Misal lewat dijalanan perkotaan, aturlah kecepatan 40-60 km/jam. Sedangkan pada jalanan antar kota, atau yang bebas hambatan bisa melakukan laju kendaraan maksimal sampi 80 km/jam. Pabila hendak melakukan deselerasi, turunkan gear di posisi putaran mesin yang rendah. Tujuannya adalah supaya tidak merusak komponen mesin, sehingga imbasnya malah akan membuat boros bensin.

Langkah yang terakhir, selalu lah berusaha untuk tetap berhati-hati dalam mengemudi maupun kala bermanuver dijalanan yang lumayan cukup padat. Karena prosesi perubahan kecepatan perseneling secara tiba-tiba, dapat juga mempengaruhi segi konsumsi bahan bakar kendaraan. Jangan sampai lupa juga, selalu berhati-hati dan waspada kalau terjadi sesuatu yang sifatnya dadakan. Misalnya dengan pengereman secara mendadak, aturlah dengan perhitungan yang sangat cermat agar selamat sampai tujuan.

Baca juga : Inilah Fungsi dan Komponen Mesin Injeksi Yang Harus di Ketahui

Sekian dulu kilasan pembahasan kami tentang Tips Mengehemt Hemat BBM Gunakan Teknik Berkendara yang Benar, kami mohon maaf apabila penyampaiannya ada beberapa kesalahan. Terimakasih.

Incoming search terms:

  • CARA MENGENDARI KENDARAAN MOBIL YANG BENAR
Cara Menghemat Bensin Dengan Teknik Berkendara Yang Benar | jaen soleh | 4.5