Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Awet

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar AwetUmumnya gas buang knalpot masa kegunaannya bisa dibilang cukup lama. Namun seiring usia knalpot, memungkinkan terjadinya korosi yaitu karat pada komponen gas buangnya. Penyebab yang terjadi bibasanya karena perbedaan suhu, di dalam area dan diluar pipa pembuangan knalpot. Bahkan kalau mempunyai tempat tinggal di sekitaran pantai, maka korosi tersebut akan sangat cepat terjadi diakibatkan karena kandungan garam yang lumayan cukup tinggi pada kandungan udara sekitar lingkungan pantai. Dan memungkinkan kotorannya akan mudah menempel, berbbed jika dibanding anda yang tinggal di lokasi dataran tinggi. Supaya knalpot original milik motor anda, keadaannya tetap prima simak dulu tips merawat knalpot motor orisinil berikut.

Cara Mudah Merawat Knalpot Motor

  • Cara perawatan yang pertama, untuk knalpot original cenderung kering, panas serta dihasilkan oleh mesin yang akan cepat menimbulkan karat. Karena penyebabnya kerak dari kotoran-koteran yang begitu cepat. Lalu kami sarankan agar memanaskan mesin secukupnya saja, jangan terlalu kelamaan.
  • Selalu bersihkan lubang buang di sekitar silencernya, sedangkan cara membersihkannya dengan oli pada lubang silencer tersebut. Sebaiknya lakukan pembersihan untuk kurun waktu dua bulan sekali. Tujuannya berguna untuk mencegah adanya kebocoran, atau keadaaan mengeroposnya knalpot di bagian silencer maupun leher si knalpot yang berdekatan dengan komponen silencer. Karena apabila sudah kadung terjadi kebocoran atau kropos, maka akan menghasilkan suara knalpot yang jelek sekali, tenaga motor pun tarikannya akan terasa loyo dan tidak ramah terhadap lingkungan.
  • Kalau sudah terjadi korosi, segera saja lakukan pembersihan kotoran-kotoran yang menempelnya. Bersihkan memakai sikat yang masih bagus serta kuat. Adapun caranya yaitu pakai detergen kemudian dioleskan pada bagian-bagian knalpot yang kotor. Lalu anda sikat dengan sangat kuat-kuat pada kotoran atau karat tersebut sampai terlihat bersih. Kalau kotorannya malah membandel, anda bisa menggunakan sikat kawat supaya makin mudah ketika membersihkannya.
  • Berikutnya melakukan perawatan knalpot dengan membersihan memakai oli yang bersih, caranya oleskan pada leher knalpot sampai rata. Lalu kemudian hidupkan mesin motornya sekitaran dua menit agar posisi oli tersebut sedikit menyerap, dan lama-kelamaan pada leher knalpot yang sudah diolesi tadi akan perlahan bersih. Sebab seiring terkelupasnya oli yang lagi kepanasan tersebut.

Baca juga : Penyebab dan Cara Memperbaiki Katup Noken As Yang Aus

Itulah sekilas tips dari kami tentang Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Awet, silahkan coba anda praktekkan. Semoga saja berhasil, sekian dan terimakasih.

Cara Merawat Knalpot Motor Orisinil Agar Awet | jaen soleh | 4.5