Cara Mudah Menyetel Platina Mobil Sendiri Cepat

Cara Mudah Menyetel Platina Mobil Nah, bagi anda yang masih mempunyai kendaraan roda empat seperti mobil, dan ternyata masih menggunakan sistem pengapian dengan platina. Admin akan berbagi sedikit, tentang tips cara untuk bisa menyetel platina yang baik serta benar disesuakan keadaannya. Namun hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum akan menyetel platina, diantaranya adalah.

Advertisement

Sediakan Alat – alat seperti :

  • Sediakan alat Fuller yang berfungsi sebagai pengukur celah dari platina.
  • Sediakan satu atau dua Obeng + (plus) dan – (min)
  • Sediakan juga Kunci Ring Nomer 19, satu atau dua

cara-nyetel-platina-mobil

Cara Menyetel Platina Mobil :

  1. Pertama anda buka dulu tutup distributornya.
  2. Setelah itu, anda putarkan pully poros engkolnya atau yang lumrah disebut sebagi crank shaft, buka searah jarum jam hingga titik pada pullynya mengarah pada angka 0 (nol) drajat atau istilahnya adalah TOP 1.
  3. Selanjutnya kendorkan baut pengikat pada platina, dalam yang dimaksudkan ada perlu mengusahakannya jangan sampai terlalu longgar, di saat sedang memutar baut yang posisinya masih mengikat platina, kurang lebihnya satu putaran saja.
  4. Sedangkan untuk ukuran celah platina yang standardnya yaitu 0,45 mm. Di karenakan dalam ukuran pada fuller tidak adanya ukuran 0,45 mm, maka anda bisa mempergunakan ukuran fuller dengan ukuran celahnya adalah 0,40 mm, akan tetapi jangan sampai terlalu rapat sekali dan lebih baik sedikit dilonggarkan agar dapat mengikuti celah ukuran 0,45 mm tersebut.
  5. Nah, sesudah anda memasukkan fuller ke bagian dalam celah platina, lalu kemudian anda langsung saja stel platinanya dengan menggunakan obeng min (-). Adapun caranya, yakni menggeser platina secara perlahan menggunakan bantuan obeng min dengan menekan coaknya atau tonjolan yang posisinya berada di dekat platina. Karena setiap jenis kendaraan mobil pasti memiliki sebuah coakan atau tonjolan yang berbeda-beda.
  6. Setelah anda sudah selesai melakukan penyetelan, lalu cek bagian celah platina, apabila sudah sesuai dengan ukuran tersebut, mending langsung saja di kencangkan dengan memakai baut kembali menggunakan obeng plus tadi.
  7. Setelah kesemuanya selesai dilakukan, pasangkan kembali pentutup distributornya atau yang di sebut sebagai

Baca juga : Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Kusam dan Buram

Bagaimana kawan? Gampangkan Cara Mudah Menyetel Platina Mobil. Melalui langkah yang kami bahas barusan, jadi anda tidak perlu repot-repot pergi ke bengkel mobil. Maka semakin efektif.

Incoming search terms:

  • cara memasang dan stel platina mobil
  • cara memperbesar pengapian mobil
  • Persiapan menyetel platina
Cara Mudah Menyetel Platina Mobil Sendiri Cepat | jaen soleh | 4.5