Cara Pengereman yang Tepat Saat Hujan Deras

Cara Pengereman yang Tepat Saat Hujan DerasSekarang ini musim penghujan sudah mulai datang, walaupun intensitasnya masih sedang namun anda yang berkendara harus tetap waspada dan berhati-hati. Usahakan posisi kendaran melaju dalam keadaan normal dan terkendali, baik untuk sistem pengereman, mesin dan komponen penunjang yang lain. Lampu-lampu juga harus bisa menyala sebagai mana mestinya, dan juga kondisi kemudi perlu pengontrolan secara baiak. Di jalanan pengguna mobil biasanya kala hujan deras dan anginnya begitu kencang, selalu menyelakan lampu kabut sebagai tanda dengan kendaraan lain di depan maupun belakangnya.

Advertisement

Umumnya yang menjadi penyebab dari resiko kecelakaan, diakibatkan oleh cara  pengeremenan yang kurang begitu tepat. Apalagi yang dihadapi lintasan beruapa kondisi jalanan yang mempunyai genangan-genangan air yang terlalu tinggi, pastinya lintasan sangat basah serta licin. Anda sebagai pengemudi perlu kewaspadaan, pasalnya pandangan kemudi kadang-kadang kurang terang karena derasnya air hujan. Asalkan anda benar membawa kecepatan mobil, serta tidak terlalu kencang dan juga penginjakan pedal rem tidak mendadak namum penuh perhitungan tepat. Kami berikan penjelasan tekhnik pengereman mobil berikut.

Langkah yang pertama, harus memahami akan kondisi hujan, jika hujannya deras dan terlalu lama kemungkinana jalanan aspal atau hot mix mudah sekali licin. Maka kurangi kecepatan laju kendaraan anda. Berbeda kalau hujannya hanya sebentarn saja, itu hanya sebatas membasahi jalanan doang. Tunggu sampai ban mobil sedikit kesat, barulah anda sah-sah saja mnacap gas kencang. Apabila keadaannya didalam tol, perlu kewaspadaan tinggi pasalnya jalanan lebar dan jarak pandang terbatas. Hindari jalanan yang tergenang air begitu dalam, sekiranya terlannjur tekan rem secara perlahan dan kurangi kecepatan.

Masuk dan menurunkan perseneling pun harus dilakukan dengan teratur, tidak sembarang naik-turunkan. Perhatikan kedaan jalanan, sekiranya menurun masuk ke gigi-2 saja, namun nanjak juga pakai gigi-2 agar kendaraan melaju dalam keadaan stabil. Jangan sampai ketika bertemu genangan langsung terjang, melainkan kurangi dulu gigi ke bawah tetapi hindari memakai gigi-1. Nanti kondisi pergerakan mobil kurang laju malahan menggenjot.

Advertisement

Baca juga : Cara Memperbaiki Pintu Mobil Yang Rusak Mudah

Baiknya sih menggunakan sistem pengereman ABS, sebab melakukan pengereman dengan sekali tekan. Serta penekannya sangat kuat dan efektif. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagai anda sekalian. Sekian dan terimakasih banyak.

Cara Pengereman yang Tepat Saat Hujan Deras | jaen soleh | 4.5