Fungsi dan Penggunaan Relay di Kendaraan Bermotor

Fungsi dan Penggunaan Relay di Kendaraan Bermotor Sistem relay yang ada di dalam kendaraan berfungsi sebagai aliran elektromagnetik swictch, atau biasanya di sebut juga dengan layaknya saklar yang posisinya telah di kendalikan oleh sebuah kumparan magnet listrik. Adapun cara kerjanya, pada relay adalah di saat rangkaian kumparan elekrtomagnetik di alirkan listrik tersebut nanti akan melalui terminal 85 dan 86, maka efek dari elektromagnetik ini dapat menimbulkan adanya gaya tarik medan magnet.

Advertisement

Sejatinya piranti relay umumnya di bendakan menjadi 2 bagian bentuk, yakni relay yang posisi normaly open serta dengan relay normaly close. Untuk pengertian dari relay yang normaly open yakni pergerakannya ketika keadaan normal, atau tidak adanya arus aliran listrik yang sedang mengalir ke bagian terminal 85 dan juga 86. Maka keadaan pada terminal titik 87 hingga 30 tidak dapat terhubung. Selanjutnya untuk pengertian dari relay normaly close, penjelasannya justru sebaliknya yakni saat-saat dalam keadaan normal misalnya terminal 85 dan 86 yang sedang menuju ke kumparan elekromagnetik tidak akan di aliri oleh arus listrik, maka pada bagian dalam terminal 30 maupun 87 nantinya akan terhubung juga.

fungsi-dan-penggunaan-relay-di-kendaraan-bermotor

Penggunaan sistem relay pada kendaraan

Melalui adanya prinsip kerja sebuah relay, yang bisa di gunakan untuk elektromagnetik switch, oleh sebab itulah sistem relay dapat di pakai untuk berbagai macam jenis kendaraan. Antara lain diantaranya  :

  • Dapat membuat penerangan lampu depan sepeda motor bisa lebih makin terang

Pada lampu bagian depan sepeda motor yang kadang sedikit redup, kemungkinan di karenakan kian bertambahnya ukuran besarnya tahanan rangkaian lampu kepala sehingga tidak terlalu terang. Hal yang dimaksud tadi, bisa anda siasati dengan mempergunakan mekanisme relay. Sedangkan pada prinsip kerjanya, yakni arus listrik yang berasal dari baterai/aki akan langsung di alirkan pada lampu kapala melewati terminal 30 dan 87, tentu pada sistem relay. Sedangkan arus listrik biasa, hanya mengalirkan melalui rangkaian saja yang di pakai sebagai penghidup elektromagnetik.

  • Pembuatan rangkaian kunci untuk pengaman sepeda motor

Nah bila anda berkeinginan membuat kunci pengamanan untuk sepeda motor, anda bisa dengan membuatnya memakai relay. Sedang prinsip kerjanya yaitu relay akan berfungsi untuk saklar yang dapat memutuskan serta menyambungkan kembali arus listrik menuju ke arah koil.

Baca juga : Cara Bubut Noken As Pada Sepeda Motor Yang Benar

Itulah informasi mengenai fungsi Fungsi dan Penggunaan Relay Pada Kendaraan yang dapat kami sampaikan.

Fungsi dan Penggunaan Relay di Kendaraan Bermotor | jaen soleh | 4.5