Inidia Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil

Inidia Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada MobilApakah anda sendiri sudah mengetahui cara kerja Immobilizer pada kendaraan mobil ? jika belum, sebagai bahan pengetahuan anda apa itu yang dimaksud dengan Immobilizer. Immobilizer adalah sebuah system untuk keamanan, pada kendaraan mobil yang bisa melumpuhkan mobil apabila menggunakan kunci kontak yang ternyata salah untuk menghidupkan mesin mobil tersebut.

Advertisement

Sistem Immobilizer, terdiri dari beberapa transponder yang ada pada anak kunci kontak, IMOES Unit, Immobilizer Control Unit Receiver lampu indicator, dan juga ECM/Engine Control Module serta PCM atau di sebut juga dengan Powetrain Control Module.

Inidia Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil

Seperti Inilah Cara Kerja Dari Immobilizer :

Proses Cara kerjanya sendiri, system Immobilizer yakni saat kunci kontak di masukkan ke ruang dalam ignition Switch serta di putar kepada posisi On, maka Immobilizer Conrtol Unit Receivernya akan mentransfer sinyal ke bagian transponder di bagian kunci kontak, lalu kemudian transponder yang ada pada kunci kontak akan bisa mengirim berup sinyal balik yang berisi mengenai code-code lewat Immobilizer Control Unit Receiver ke arah Engine Control Module (ECM).

Makanya, jika codenya sesuai dengan code yang sudah terdaftar khususnya ECM serta PCM, maka pada mesin mobil tersebut akan mudah untuk di starter. Akan tetapi jika codenya tidak begitu sama atau tidak dapat di kenali ECM, yang terjadi kendaraan pun tidak bisa merespon atau tidak dapat di hidupkan. Hal tersebut, untuk sebagian dari keamanan saja bagi kendaraan mobil anda dari seorang pencuri.

Seperti pada contoh berikut, karena dari ketidak tahuannya, seseorang yang barusan baru saja membeli sebuah mobil bekas yang kebetulan dalam mobil tersebut hanya ada satu kunci saja. Kawatir dari pemilik mobil tersebut kuncinya akan hilang, maka orang tersebut malah membuat kunci serepnya atau duplikatnya, namun suatu ketika hendak akan menghidupkan mobil ternyata kunci serepnya tidak dapat menghidupkan mesin atau starter. Hal yang demikian, karena pada mobil tadi telah memakai system Immobilizer Sebagai cara pengamanan saja.

Baca juga : Cara Membuat Kunci Kontak Rahasia Pada Motor Mudah

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, mengenai penjelasan tentang sistem Immobilizer pada mobil. Semoga dapat bermnafaat bagi anda sekalian.

Inidia Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil | jaen soleh | 4.5