Inilah 6 Sensor Pada Mesin Motor Honda PGM-FI Injeksi

Inilah Sensor Pada Mesin Motor Honda PGM FI Injeksi Berikut adalah penjelasan komponen – komponen dari mesin injeksi pada motor Honda :

Advertisement
  1. Pompa Bahan Bakar (Fuel pump)

Pompa bahan bakar ( Fuel Pump) berfungsi sebagai pemompa bahan bakar yang penyalurannya akan di teruskan ke injector melewati selang, karena bahan bakar dalam pompa mempunyai sebuah tekanan. Tekanan pada fuel pump juga sangat berpengaruh sekali untuk mesin dengan sistem PGM-FI. Kekuatan presisi tekanan bahan bakarnya harus menyentuh ukuran 294kPa/12volt = 43 psi = 2,94 bar waktu idle langsam. Jika yang terjadi tekanannya yang berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan buat komponen lainnya imbasnya mesin mati/mogok.

inilah-6-sensor-pada-mesin-motor-honda-pgm-fi-injeksi

  1. MIL (Malfunction Indicator Lamp)

MIL merupakan lampu indikator pada spedometer, bisanya berwarna kuning. Memiliki fungsi sebagai penanda pemakaian sepeda motor Honda, atau tentang penunjuk kerusakan pada kinerja sistem injeksi. Jika yang terjadi pada sistem injeksi terdapat salah satu sensornya kurang berfungsi maksimal, lampu MIL lah akan memberikan tandanya dengan berkedip-kedip.

  1. Carnksaft Position – atau Sensor CKP

Sensor CKP berfungsi medeteksi keberadaan akan poros engkol, dimana sensornya tersebut selalu berusaha mengirimkan sinyal ke ECM lalu kemudian ke arah ECM. Tujuannya menentukan kapan waktunya pengapian, serta kapan berselang waktunya bahan bakar di injeksikan pada komponen jaringan injector.

  1. ECM (Engine Control Module)

ECM, kami menyebutnya prosesor semua program PGM-FI. Oleh karenanya PGM-FI di sini, berfungsi sebagai bentuk pengatur waktu pengapian. Yaitu mekanisme pengatur waktu kapan dari selang injector akan menyemprotkan bahan bakar, serta dalam mengatur campuran udara juga bahan bakar yang porsinya ideal sesuai dengn keadaan temperature mesin.

  1. Ruang Injektor

Injektor sendiri yakni berfungsi guna menyemprotkan bahan bakar ke arah ruang penggenjot bahan bakar, dengan menggantikan berupa partikel-partikel bahan bakar menjadi halus seperti kabut. Bahkan pada injector PGM-FI, dapat membuat partikel bahan bakarnya tergolong paling halus sekali. Karena mempunyai lubang ukuran diameternya 0.152 mm pada supra x 125cc.

  1. Sensor Engine coolant Temperatur dan EOT (Sensor Engine Oil Temperatur)

Antara kedua sensor tersebut, punya fungsi sama persis yaitu medeteksi suhu pada mesin. Namun pada sensor ECT, di pasangkan buat mesin berpendingin radiator. Sedangkan EOT berpendingin udara juga tetapi hanya supra x 125 pgm-fi helem in.

Baca juga : Cara Membuat Motor Drag Paling Kenceng dan Tercepat

Itulah sekilas pembahasan kami seputar Penjelasan Sensor Yang Terdapat Pada Mesin Honda PGM-FI Injeksi, semoga bermanfaat buat teman-teman semua.

Incoming search terms:

  • gambar sensor CKP vario 125
  • modif mesin injeksi
  • sensor sensor supra pgm
  • sensor vario 125 pgm fi
  • tabel ukuran sensor sensor vario 125
Inilah 6 Sensor Pada Mesin Motor Honda PGM-FI Injeksi | jaen soleh | 4.5