Inilah Fungsi dan Komponen Mesin Injeksi Yang Harus di Ketahui

Inilah Fungsi dan Komponen Mesin Injeksi Yang Harus di KetahuiUntuk mengenali komponen mesin injeksi, baiknya kita ketahui terlebih dahulu komponen – komponennya. Yang sudah di tanamkan dalam mesin jenis fuel injector/injeksi, lalu apa saja fungsi dan kinerjanya. Berikut sedikit penjelasannya.

  • Intake Air Temperature Sensor (IAT)

Intake Air Temperature Sensor (IAT) berfungsi sebagai pedeteksi suhu udara yang masuk ke ruang intake manifold. Punya pengaruh terhadap Air Fuel Ratio Correction, dan di namakan kerja campuran bahan bakar dengan udara. Dengan kata lain, untuk volume bahan bakar yang sedang di semprotkan injector ke intake manifold akan pengaruhi oleh tempat suhu udara yang masuk ke komponen pada intake manifold.

inilah-fungsi-dan-komponen-mesin-injeksi-yang-harus-di-ketahui

  • Trottle Position Sensor (TP)

Trottle Position fungsinya untuk mendeteksi derajat dari pembukaan Throttle Valve, atau sistemnya skep gas yang berpengaruh penting terhadap beban gaya maksimum/fuel load, Accelerasi, Declerasi, dan juga Air fuel Rasio correction.

  • Bank Angle Sensor (BAS)

Bank Angle Sensor memiliki tujuan untuk mematikan mesin motor, keadaannya akan mati saat mesin berada antara sudat kemiringan lebih 55,5 drajat. Bank Angle Sensor berfungsi ketika posisi sedang terjatuh dari motor, maka motor tersebut bisa mati otomatis mesinnya, hal tersebut sebagai antisipasi menghindari mesin mudah terbakar. ECM akan mematikan sendiri daya listrik ke fuel pump, serta engine electrical Systemnya. Dengan catatan, mesin keadaannya akan mengalami mati apabila kemiringan tersebut terjadi hingga 5 detik-an.

  • Manifold Absolute Pressure (MAP)

Manifold Absolute Pressure bertujuan sebagai pendeteksi ke-vakuman yang terjadi pada intake manifold.

  • Eletrnic Contro Module (ECM)

Fungsi dari Eletrnic Contro Module yaitu komponene si penerima sinyal, dari beberapa sumber sensor. Nah, adapun untuk  sensornya sendiri yakni bekerja di berbagai oprasional mesin, dilanjut ke Eletrnic Contro Module yang akan mengolah data serta ditranfer ke Actuator/Output untuk melayani aneka kebutuhan mesin.

  • Komponen Engine Oil Temperature

Engine Oil Temperature adalah alat dengan fungsi untuk medeteksi panas oli, yang keberadaannya ada di dalam mesin.

Baca juga : Cara Mudah Memasang Oil Cooler Pada Yamaha Byson

Demikianlah penjelasan tentang informasi Fungsi Komponen-Komponen Mesin Injeksi sekiranya mudah-mudahan saja bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • fungsi komponen injeksi
Inilah Fungsi dan Komponen Mesin Injeksi Yang Harus di Ketahui | jaen soleh | 4.5