Inilah Keuntungan Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen

Keuntungan Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen – Ban merupakan salah satu komponen terpenting untuk laju sebuah kendaraan. Baik itu roda empat, dua atau semacamnya. Pastinya  memerlukan tekanan gas untuk ban yang sesuai dengan keperluan. Tekanan ban sangat menentukan sekali, terhadap daya cengkram ban terhadap kondisi jalanan. Yang dalam tahapan selanjutnya berpengaruh menentukan kualitas umur pemakaian ban. Selain pengisian angin ban pakai Oksigen, kini sudah banyak pengisian angin ban dengan Nitrogen (N2). Anda pun mudah sekali menemuinya hampir di berbagai jenis bengkel. Bahkan pengisian untuk ban dengan Nitrogen sudah tersedia hampir dikeseluruhan semua SPBU. Sebenarnya, ban motor atau mobil dengan nitrogen dan angin (oksigen), pada dasarnya masih sama saja. Akan tetapi ternyata pemanfaatan gas nitrogen memiliki keuntungan-keuntungan lebih, dibanding sekedar pengisiannya memakai angin.

“ Kondisi ban kendaraan itu membutuhkan udara di dalamnya. Adapun penggunaan nitrogen atau angin tidak lah masalah yang terpenting adalah tekanan ban stabil. Namun berat jenis nitrogen dan angin berbeda molekul-molekulnya,” ujar pendapat Dwi Triono, Manager dari Technical Service PT Gajah Tunggal Tbk, produsen terbesar ban GT Radial dan IRC indonesia.

Molekul nitrogen nilainya begitu besar dibanding tekanan angin. Bila pada molekul lebih besar, maka gaya gesek pada sekitar bannya akan lebih rendah ketimbang oksigen. Lalu apa dampak yang akan dapat ditimbulkan? Bila molekul lebih besar, maka potensi akan kebocorannya lebih semakin rendah. Kondisi ban juga tidak mudah cepat panas, serta keadaan perputarannya menjadi stabil. Justru hal ini berbeda sekali dengan angin biasa, yang mudah panas serta tingkat kebocoran malah besar sekali. Dan anda selaku pemilik motor yang mengisi angin, perlu rutin mengecek tekanan ban tersebut.

Sisi kelebihan lain dengan pengisian Nitrogen, nanti tekanan ban dapat terjaga lebih lama. Jadi, anda sendiri akan jarang sekali melakukan pengisian ulang. Daya cengkram beserta kinerja ban pun menjadi kian optimal. Tekanan ban yang sudah stabil terhadap temperatur ban karena molekul N2 bisa membantu mengurangi kecelakaan, yang penyebabnya di akibatkan oleh pecah ban atau kami sebut overpressure.

Baca juga : Inilah Perbedaan Ban Tubetype Biasa vs Ban Tubeless

Itulah sedikit penjelasan kami yang berhubungan dengan Keuntungan Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen, pilihlah nitrogen dengan kualitas terbaik. Sebagai aktifitas pergerakan ban yang stabil, selamat mencoba. Terimakasih.

Inilah Keuntungan Mengisi Angin Ban Dengan Nitrogen | jaen soleh | 4.5