Inilah Perbedaan Ban Tubetype Biasa vs Ban Tubeless

Inilah Perbedaan Ban Tubetype Biasa vs Ban TubelessBan motor memiliki 2 jenis, yaitu sejenis ban tubeless dan ban tubetype yang standard biasa (ban biasa). Ban Tubeless kini lebih banyak dipilih oleh pemilik kendaraan roda dua, karena segi keunggulannya yang tahan lama serta anti-bocor. Meskipun begitu, jenis ban Tubeless bukannya anti bocor akan tetapi tahan terhadap bocor. Keunggulannya ketika saat terkena benda yang tajam menancap di ban, maka benda tajam tersebut langsung saja segera menutup dengan komponen tubeless secara cepat dan memadati celah yang ditimbulkan oleh tusukan tajam benda tersebut. Makanya jenis ban Tubeless punya keunggulan lebih karena dapat tahan lama.

Untuk segi perawatan dan pengeluaran, pabila terjadi tusukan benda yang tajam akan lebih cepat rapat namun memang harganya mahal. Selain dari hal itu, hampir semua jenis ban tubeless, memiliki alur yang berkualitas lebih baik dan juga bentuknya kokoh. Punya performa daya cengkram maksimal serta stabil, oleh segala kondisi kontur jalanan. Namun sayangnya ban tubeless yang keunggulan daya tahannya lebih lama, hanya dapat dipasang pada jenis kendaraan yang memakai velg Casting Wheel (CW) saja.

Sedangkan ban tubetype atau orang-orang sering menyebutnya ban biasa, adalah sejenis ban konvensional yang penggunaannya masih harus memakai ban dalam tipis. Kelemahan ban tubetype lebih lemah juga rapuh sekali kala menghadapi benda tajam, karena dari segi strukturnnya yang tidak sekeras ban seperti tubeless. Sehingga wajar saja lebih mudah sekali angin bannya bocor. Ban tubetype sendiri rotasi daya cengkramnya masih kurang maksimal untuk berlali pada kecepatan yang tinggi,  ataupun hanya sekedar untuk bermanuver cepat.

Namun keunggulan laian pada ban tubetype, cocoknya buat dipakai di velg jari-jari standard atau Spoke Wheel (SW). Dan memang cukup tahan pabila di pergunakan di perjalanan jalanan yang kurang rata. Juga segi harga jualnya tidak terlalu mahal, dibanding dengan ban motor jenis tubeless. Usahakan saat mengisi angin ban, lebih baik berikan jenis Nitrogen. Karena dengan Nitrogen lebih ringan, serta tidak mudah memuai.

Baca juga : Inilah 6 Sensor Pada Mesin Motor Honda PGM-FI Injeksi

Itulah sekilas ulasan kami tentang Perbandingan Ban Tubetype Biasa vs Ban Tubeless mudah-mudahan dapat bermanfaat, sekiranya buat pembaca.

Inilah Perbedaan Ban Tubetype Biasa vs Ban Tubeless | jaen soleh | 4.5