Tips Cara Memilih Busi Untuk Kendaraan Agar Awet

Tips Cara Memilih Busi Untuk Kendaraan Agar AwetUntuk anda yang hendak ingin memilih komponen seperti busi berkualitas baik, anda perlu tahu terlebih dulu beberapa jenis busi. Busi sendiri terdapat dua jenis. Jenis pertama, adalah busi panas serta yang ke dua yakni busi dingin. Kami sedikit jelaskan pengertian dari busi yang panas juga busi dingin.

Advertisement

Busi panas, ialah busi yang mampu untuk mempertahankan suhu lumayan panas. Sedangkan busi dingin, yaitu bisa membuang keadaan panas justru lebih banyak. Adapun perbedaannya, apalagi bagi anda yang masih belum mengetahui cara membedakannya dapat di lihat melalui code yang terdapat pada bagian busi.

Tips Cara Memilih Busi Untuk Kendaraan Agar Awet

Makin tinggi angka yang ada pada busi, semakin tinggi pula panas yang di buang maupun di lepaskan, itulah jenis busi dingin. Contonya seperti kode CR8E juga  C6HSA, angka enam tersebut menunjukan jenis dari busi panas, sedangkan busi yang  dingin kodenya pendek.

Pilih busi sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar

Jika anda tinggal di daerah maupun tempat dengan suhu lingkungan yang begitu rendah, yaitu di suatu daerah pegunungan. Lebih baik anda memakai busi dengan tekanan tingkat panas tinggi saja. Alasannya, apabila anda malah menggunakan busi jenis dingin akibatknnya banyak penumpukan carbon atau di namakan carbon fouling.

  • Lihat faktor kapasitas dari silinder

Bagi kendaraan anda memakai mesin dengan silinder di atas angka 180cc, lebih baiknya menggunakan busi dingin saja. Pasalnya, kalau malah menggunakan busi panas bisa menyebabkan gejala pre-ignition serta mengakibatkan overhaeting. Dan kebalikannya, jika anda mempunyai mesin motor berkapasitas dibawah 180cc cocok sekali menggunakan busi yang panas.

  • Lihat faktor perbandingan kompresi

Pada porsi mesin perbandingan di atas yakni 10.5, kami sarankan menggunakan busi jenis dingin. Namun jika di bawah dari pada 10.5, bisa pakai busi type yang panas. Hal seperti itu, telah banyak di temui pada mesin – mesin yang telah mengalami modifikasi. Umunya penrapan dilakukan kalangan modifikator, guna meningkatkan dan menaikkan kompresi melalui cara memangkas bagiab kepala silinder. Adapun  untuk proses mengimbanginya, mereka menggunakan busi jenis dingin supaya terdapat pacuan pembakaran.

Baca juga : Tips Cara Memilih Piston Untuk Bore Up Motor Balap

Itulah ulasan singkat tentang “Cara memilih busi yang bagus untuk kendaraan anda” selamat mencobanya dan terima kasih.

 

Tips Cara Memilih Busi Untuk Kendaraan Agar Awet | jaen soleh | 4.5