Tips Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar Awet

Tips Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar AwetMobil second adalah sebagai salah satu alternatif  terbaik, bila kita ingin mempunyai sebuah kendaraan saat pertama kali nya. Dengan persepsi biaya beli lebih terjangkau, namun anda perlu jeli saat hendak membelinya. Perlu diketahui, bahwa tidak melulu mobil bekas perawatannya begitu sulit yang terpenting anda tahu akan kondisinya. Tetapi, yang perlu kita waspadai yaitu membeli mobil bekas namun pernah mengalami kebanjiran atau bahkan sampai terendam banjir. Pasalanya hal yang dimaksud tersebut, nanti justru akan merepotkan anda sendiri. Misalnya saja, dari mulai perkara mesin yang sudah kemasukan air dan juga dengan sistem kelistrikan rusak akibat terendam air. Itu semua perlu perbaikan, dan memakan biaya lumayan besar.

Berbicara mengenai kondisi mobil bekas, disini saya selaku admin akan berbagi tips dan trik tentang cara perawatan mobil second yang baik dan sesuai dengan standard pada umumnya. Berikut adalah cara dalam merawat mobil bekas agar tetap prima.

tips-cara-mudah-merawat-mobil-bekas-agar-awet

  1. Perhatikan dahulu kondisi komponen dari bagian kaki-kaki mobil, misalnya pedal rem, area sil-sil, ban sampai dengan skok/per, pastikan untuk ke semua komponen tersebut tadi masih dalam kondisi yang prima.
  2. Gantilah oli secara teratur dan berkala, tujuannya karena oli memiliki fungsi untuk meminimalisir sebuah gesekan internal diantara komponen-komponen lain di dalam mesin. Oli yang telah lama usang atau jumlahnya sudah berkurang, tentunya akan berpotensi sekali dapat menimbulkan gesekan keras antara komponen-komponen pada mesin dan efeknya membuat cepat aus bahkan rusak. Oleh sebab itulah lakukan pergantian olinya teratur secara berkala, sesuai dengan jarak tempuh mobil dan kebutuhan akan mesin mobil itu sendiri.
  3. Periksa dahulu area radiator, pasalnya dalam komponen yang satu ini mempuyai fungsi sebagai ruang penyuplai pendingin pada suhu mesin mobil. Waktu  penggunaannya, air untuk radiator perlu diganti secara berkala juga. Anda cek dan periksa  apakah terdapat sebuah kebocoran atau tidak, jika radiator mengalami kebocoran langsung segera diperbaiki ke bengkel saja.
  4. Usahakan komponen tangko jangan lah sampai kehabisan bahan bakarnya, sebab hal ini bila dibiarkan saja terjadi imbasnya akan mengakibatkan karatan pada tangki tersebut sehingga menjadikannya bocor merembes.
  5. Ganti Timing belt secara berkala, bagian ini merupakan sabuk dengan fungsinya meneruskan pergerakan rotasi pada roda -roda gigi yang tersambung ke dalam sistemnya mesin. Usia dari timing belt sendiri, umumnya bisa anda lihat dari jarak tempuh si mobil yakni setiap 40.000 km dan perlu diganti yang baru.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya sepertiCara Memperbaiki Ac Mobil Kurang Dingin Mudah. Terima kasih dan juga semoga bermanfaat.

Tips Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar Awet | jaen soleh | 4.5