Tips Mengemudi Saat Hujan Yang Aman dan Benar

Tips Mengemudi Saat Hujan Yang Aman dan BenarSeringkali dalam kurun waktu seharian penuh, suatu daerah bisa diguyur hujan sangat lebat secara terus menerus bahkan hampir menyeluruh di wilayah tanah air kita. Melalui guyuran-guyuran air hujan yang begitu lebat tersebut, tentu alhasil kondisi jalanan yang sedang dilalui kita akan semakin licin. Jarak pandangan mata juga terbatas, dan bahkan bisa jadi malahan menyebabkan banjir. Maka dari itu harus teliti kala sedang mengemudikannya, jangan terburu-buru tanang dan kendalikan steer secara benar juga tertib. Yang sangat dikhawatirkan, adalah terjadinya proses Hydroplaning yakni suatu penyebab kendaraan mudah tergelincir.

Advertisement

Agar lebih aman, selalu anda perhatikan mengemudi yang stabil dan baik saat terjadi hujan deras, berikut akan saya sampaikan sesuatu hal yang perlu diperhatikan. Pertama selalu pandangan mata tetap fokus pada kemudi, dan lihat jalanan yang sedang anda lalui hindari mengobrol atau malahan menjawab telfon genggam. Karena jika asyik mengobrol, ataupun seenaknya menerima telpon sudah pasti akan mengurangi konsentrasi mengemudi. Jika ingin menerima telpon, mendingan menepi dulu sebentar agar perjalanannya selamat tidak terjadi kecelakaan.

Selanjutnya selalu menjaga jarak aman kendaraan, perkirakan saja jarak aman kendaraan anda dengan yang laian di depan. Usahakan jangan sampai terlalu dekat, sebagai antisipasi meminimalisir resiko kecelakaan menabrak kendaraan depan anda. Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, posisi yang paling aman sekitaran kira-kira panjang enam mobil pada didepan anda, berbeda jika kecepatan sangt rendah bisa kurang dari seukuran itu. Sedangkan untuk sepeda motor, sekitar 5 kali dari panjang motor, sebab motor mudah sekali menikang-nikung untuk sekedar menghindar.

Dan tips yang terakhir, untuk selalu menghindari rute-rute jalan bajir yang sering terjadi. Kemudikan kendaraan baik mobil maupun motor dilajur yang tepat, pilih rada sedikit ditengah agar mudah sekali menghindari genangan-genangan air yang kadang terjadinya ditepian jalan. Nyalakan juga lampu kendaraan yang terang serta tepat, pada saat sedang hujan yakni dengan memanfaatkan lampu fog lam. Atau bisa juga dengan lampu utama dengan presisi sinarnya di mode standar.

Advertisement

Baca juga : Cara Mudah Menyetel Platina Mobil Sendiri Cepat

Kami sudahi dulu pembahasan terkait Cara Mengemudi Saat Hujan Yang Aman dan Benar agar perjalanan anda selamat sampai tujuan, see you next time.

Tips Mengemudi Saat Hujan Yang Aman dan Benar | jaen soleh | 4.5