Tips Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Yang Benar

Tips Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Yang BenarHal wajib dan perlu dilakukan, oleh par pemilik kendaraan bermotor. Adalah mengganti kondisi oli mesin, dengan pergantian secara berkala. Mengganti oli pada mesin, diperlukan posisi kondisi mesin motor masih dalam keadaan yang prima. Pentingnya dalam melakukan penggantian oli mesin, bahkan dijadikan bahasan pokok utama yang tertulis pada isi buku panduan servis berkala sepeda motor. Sayangnya, pengguna tidak semuanya mengindahkan aturan hal ini.

Advertisement

Meskipun informasi mengenai pentingnya dalam mengganti oli perlu dilakukan secara berkala, lengkap dengan tempo jadwalnya tersebut terkadang si pemilik motor masih santai-santai saja. Apalagi bagi pemilik kendaraan motor pemula, ternyata kurang begitu memperhatikan. Disamping wajib mengganti oli mesin pada 2.500 km, para pemilik juga harus dermengetahui etan informasi yang lain. Agar kondisi mesin motor tetap stabil, dan performa motor tetap prima.

Tips Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Yang Benar

Baca juga : Kumpulan Gambar Modifikasi satria-FU Drag Bike Tailook

Ikuti petunjuk pada buku motor milik Anda. Biasanya, mesin motor jenis bebek memerlukan oli 0,8 ml, sedangkan motor sport banyaknya 1,0 liter. Idealnya, mengisi oli tidak boleh sampai melebihi batas ambang. Pengisian harus di antara garis low serta full. Apabila anda diabaikan, pastinya menyebabkan kerusakan jangka panjang pada komponen mesin. Kerja area pompa oli pun menjadi kian berat, akibat isi volume pelumas melebihi ambang batas. Hal ini akan berimbas pada akselerasi mesin.

Kemudian, perlu berhati-hati dikala sedang mengganti oli namun dalam kondisi mesin motor masih sedang panas. Sebaiknya, tunggu dulu beberapa saat hingga si mesin lebih dingin. Sebelum mengisi dengan oli yang baru, pastikan seluruh sisa oli lama kemarin di dalam mesin sudah terkuras habis. Untuk dapat membuang sisa oli kemarin yang masih banyak menempel, Anda bisa menggunakan mesin kompresor. Apabila tidak, tunggu hingga beberapa saat.

Jika menggunakan diesel kompresor, pastikan alat tersebut sudah dilengkapi dengan filter yang sanggup menyaring uap air. karena, uap air yang merekat menempel akan dapat menyebabkan korosi di area mesin.Yang terakhir, jikalau sudah bersih dan juga terkuras, pasang lagi baut untuk pembuangan oli sebelum akan menuangkan oli yang masih baru. Masukan dengan memanfaatkan corong ukuran kecil, agar pengisian oli baru lebih presisi serta tidak terbuang dengan percuma.

Demikian yang bisa admin sampaikan “Cara Mengganti Oli Mesin Motor “, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • idealnya mengetap motor
Tips Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Yang Benar | jaen soleh | 4.5